RAPAT KERJA GURU TAHUN AJARAN 2023/2024

Kegiatan pengarahan terkait analiasis rapor pendidikan guna menyusun ARKAS oleh IBU Katimining, S.Pd., M.Pd selaku Pengawas SMP Alam Al Ghifari

Guru dan Karyawan SMP Alam Al Ghifari melaksanakan rapat kerja awal tahun yang berjalan selama tiga hari yakni pada tanggal 10,12,13 Juli 2023 kemarin. Rapat kerja awal tahun merupakan kegiatan rutin yang diadakan sebagai bentuk perisapan guru-guru dalam menyambut segala sesuatu yang berkaitan dengan proses pembelajaran di tahun ajaran baru.

Kegiatan rapat kerja tahun ajaran 2023/2024 sedikit berbeda dari tahun sebelumnya. Adapun perbedaannya terletak pada agenda rapat yakni penggunaan kurikulum. Kali ini sekolah SMP Alam Al Ghifari menggunakan kurikulum Merdeka untuk kelas VII dan VIII sedangkan  kelas IX masih menggunakan Kurikulum K13 serta Kurikulum Sekolah Alam dan Kurikulum Sekolah Islam Terpadu. Kurikulum merdeka dan kurikulum K13 disebut sebagai Kurikulum Dinas. Sehingga SMP Alam Al Ghifari menggunakan 3 Paduan Kurikulum yakni Kurikulum Dinas (Kurikulum Merdeka dan Kurikulum 13), Kurikulum Sekolah Alam dan Kurikulum Sekolah Islam Terpadu.Penggunaan tiga kurikulum ini menambah tantangan kepada guru –guru yang sebelumnya kurikulum merdeka diterapkan pada kelas VII, namun sekarang diterapkan juga pada kelas VIII. Perpaduan kurikulum tersebut, menuntut guru untuk lebih kreatif dan inovatif dalam menyusun rencana pembelajaran yang efektif.

“Dengan dua kurikulum saya senang karena menurut saya kurikulum dinas masih teoristik walaupun sekarang terdapat kurikulum merdeka. Kurikulum merdeka bersifat baku. Kalau kurikulum sekolah alam, dan Kurikulum JSIT itu fleksibel dan lebih luas.  Kurikulum dinas pendidikan karakter nya belum seditail kurikulum JSIT sama JSAN. Islami nya dapat secara teoristik dapat dan lebih dekat dengan alam. Jadi jika tiga tersebut dapat terlaksana dengan baik maka akan semakin lengkap.” Tutur Ibu Nika salah seorang pengajar di SMP Alam Al Ghifari   

Ditinjau selama satu pekan ini guru-guru aktif dalam menjalankan metode pembelajaran terbarunya agar lebih memudahkan siswa/i dalam memahami materi yang diajarkan dan tidak jenuh pada saat mengikuti KBM. Metode pembelajaran yang digunakan dengan menggunakan media alam sebagai salah satu sarana untuk belajar. Selain itu, metode-metode lain perlu juga diterapkan. Kurikulum merupakan bagian dari Pilar Logika dalam Sekolah Alam.

Setelah penyampaian kurikulum selesai, dilanjutkan dengan penyampaian evaluasi dan penyusunan rencana program dari Pilar yang lain yakni Pilar Leadership, Pilar Akhlak,Pilar Kewirausahaa, cvaluasi program dan rencana program PPDB,serta evaluasi program dan rencana program TIM Al Qur’an. Berdasarkan Pilar sekolah Alam telah di terapkan ke empat pilar tersebut yakni Pilar Logika, Pilar Leadership, Pilar Akhlak dan Pilar Kewirausahaan di sekolah. Ke empat pilar tersebut diharapkan dimiliki oleh setiap peserta didik di SMP Alam Al Ghifari.

admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Posts