SEJARAH SMP ALAM AL GHIFARI BLITAR

SMP Alam Al Ghifari (SMP AG) didirikan pada tahun 2011. Walau berawal dari sebuah kesederhanaan, SMP yang beralamatkan di Jalan Sumba Gang III Barat Karangtengah Kota Blitar ini tak pernah kehilangan semangatnya. Sedikit kilas balik, pada tahun pertama jumlah siswa sebanyak 6 anak yaitu 3 putra dan 3 putri kemudian jumlah ini bertambah hingga menjadi 11 anak pada saat kelulusan tahun 2014. Pada angkatan kedua jumlah awal siswa adalah sebanyak 10 anak kemudian bertambah menjadi 15 anak pada saat kelulusan. Jumlah tersebut selalu mengalami kenaikan tiap tahunnya hingga saat ini di tahun 2021/2022 jumlah siswa total adalah 170 anak.

Pada awal berdiri SMP AG, jumlah gurunya pun terbatas yaitu sebanyak 6 orang yang semuanya merupakan guru tetap yayasan. Seiring bertambahnya siswa, terjadi pula penambahan guru. Jumlah karyawan saat ini sebanyak 18 orang yang semuanya merupakan guru tetap yayasan. Dalam penyelenggaraan kegiatan sekolah 18 orang guru ini juga dibantu oleh 2 tenaga administrasi, tenaga security, dan tenaga catering.

            Filosofi dari SMP AG dinamai Sekolah Alam karena keterbatasan fasilitas sarana dan prasarana yang dimiliki pada awal pendirian SMP ini, sedangkan siswa membutuhkan ruangan atau tempat yang lebih luas untuk belajar dan bermain. Kemudian dari situlah muncul ide untuk membuat konsep sekolah alam agar siswa dapat bermain, belajar, dan sekaligus berinteraksi dengan alam tanpa terbatas tempat. SMP AG memiliki visi utama yaitu menjadikan lulusannya kholifatun fill ardhi, dengan harapan siswa dapat tumbuh dan berkembang sehingga menjadi khalifah atau pengelola di muka bumi.

Dalam mewujudkan visi ini, sekolah masih memiliki kendala dikarenakan tidak semua siswa yang bersekolah di SMP ini berasal dari alumni SD Alam Al Ghifari sehingga diperlukan adanya adaptasi dengan sistem pembelajaran dan lingkungan di sekolah ini. Kurikulum Sekolah Alam terdapat 4 pilar utama yaitu (1) Pilar akhlak atau ketaqwaan; (2) Pilar leadership atau kepemimpinan; (3) Pilar logika atau pengetahuan; dan (4) Pilar bisnis/kewirausahaan, di mana 80% bertumpu pada pilar akhlak. Sekolah alam ini juga dipadukan dengan konsep sekolah islam terpadu yang juga terdapat hafalan Al Qur’an dan pembiasaan-pembiasaan karakter. Dikarenakan kurikulum sekolah alam yang unik dan luas ini, sehingga SMP AG dalam kondisi di luar pandemi mengusung konsep Full Day School.