Dengan tingkat kesulitan yang berbeda, SMP Alam Al Ghifari melaksanakan SASS Day

Rabu, 31 Januari 2024 SMP Alam Al Ghifari melaksanakan SASS Day. SASS Day merupakan kepanjangan dari Sekolah Alam Student Scout atau biasa disebut dengan pramukanya sekolah alam. Pada bulan Januari 2024 tepatnya di minggu ke 4 merupakan jadwal pelaksanaan dari kegiatan SASS Day. Kegiatan SASS Day ini dilaksanakan tidak secara bersama – sama melainkan dilaksanakan secara perjenjang. Harapannya dapat terwujud tujuan yang akan dicapai setiap jenjangnnya berbeda.

Untuk kegiatan SASS Day kelas 7 bertemakan Journey Manajemen dan Jungle Cooking. Kegiatan ini bermula teman –teman kelas 7 berkumpul di Masjid Mubarok untuk melakukan Sholat Dhuha bersama disana. Setelah itu, mereka akan berjalan sesuai dengan kelompoknya masing –masing menuju Pasar Templek Kota Blitar, disana mereka akan praktik terkait kegiatan ekonomi. Mereka berbelanja kebutuhan yang akan dimasak menggunakan uang telah diberikan pada setiap kelompoknya. Antusias mereka sangat terlihat, ketika mereka membeli sayur –sayuran dan bahan pokok lainnya dengan harga di masing –masing dibawah Rp. 5.000. Setelah kebutuhan bahan makanan terpenuhi, maka mereka berjalan kaki kembali menuju sekolah. Setelah sampainya disekolah mereka bersama kelompoknya memasak bahan makanan yang telah mereka beli. Setelah masakan jadi, mereka menyantap hidangan makanan sebagai makanan siang mereka. Kegiatan di akhiri dengan pembagian PIN SASS sebagai keberhasilan dalam menyelesaikan misi.

Sedangkan kegiatan SASS Day kelas 8 yang bertemakan A Day of Hiking dilaksanakan di Gunung Pegat  Kabupaten Blitar. Awalnya teman –teman kelas 8 berkumpul di sekolah untuk melakukan check in dan persiapan sholat Dhuha bersama. Setelah melakukan check in, bersama pendamping mereka berangkat menuju ke Gunung Pegat yang terletak di Kabupaten Blitar. Mereka menuju Gunung Pegat menggunakan angkutan umum. Setelah sampai di titik awal menuju Gunung Pegat, mereka melakukan perjalanan di menuju POS 1. Perjalanan dilakukan bersama dengan kelompok masing – masing. Di Pos 1 teman –teman mendapatkan pembelajaran mengenai PBB. Selanjutnya mereka menuju, ke jalur yang mengarah ke puncak Gunung Pegat, melawati Bukit Pertapaan. Setelah sesampainya semua kelompok di atas, mereka mulai untuk memasak yang ada di alam. Memilih bahan makanan yang dapat dimakan, dengan cara melakukan scan di Google. Setelah bahan makanan dapat di konsumsi, barulah mereka memasak disana dan menikmati makan siang di atas Gunung Pegat. Setelah makan siang selesai, mereka melanjutkan tracking turun Gunung dan kembali ke sekolah.

Selanjutnya kegiatan SASS Day kelas 9 yang bertemakan Long March di Gunung Betet Kabupaten Blitar. Kegiatan bermula dengan berkumpul di sekolah untuk melaksanakan Sholat Dhuha dan check in peserta. Setelah kesiapan dan kelengkapan peserta, teman – teman kelas 9 diarahkan untuk menuju elf yang digunakan. Sampailah ke SPBU Gunung Betet sebagai tempat kumpul pertama. Selanjutnya, teman –teman kelas 9 melakukan long march bersama – sama menuju Gunung Betet. Perjalanan dilakukan selama 3 Jam. Setelah long march selesai teman –teman kelas 9 kembali ke Sekolah.

admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Posts