Kegiatan P5 dengan tema Kearifan Lokal yang bertopik Mengenal Empon – Empon di Turi Putih SMP Alam Al Ghifari

Pada hari Rabu, 27 September 2023 siswa kelas 7 SMP Alam Al Ghifari melakukan kegiata Proyek Pertama dengan tema “Kearifan Lokal yang bertopik mengenal empon –empon di Turi Putih. Kegiatan ini merupakan impletementasi Proyek P5 pada masa kurikulum merdeka ini. Kegiatan mengenal empon-empon adalah suatu aktivitas yang bertujuan untuk memperkenalkan, memahami, dan memanfaatkan berbagai jenis tumbuhan yang termasuk dalam kategori empon-empon. Empon-empon adalah sebutan untuk tanaman obat tradisional yang digunakan dalam pengobatan tradisional di Indonesia. Tanaman-tanaman ini memiliki beragam manfaat kesehatan dan biasanya digunakan sebagai bahan dasar untuk ramuan atau obat herbal.

Dalam kegiatan mengenal empon-empon, peserta diajak untuk:

  1. Mengidentifikasi Tanaman: Siswa – siswi SMP Alam Al Ghifari  akan diajak untuk mengenali berbagai jenis tanaman yang termasuk dalam kategori empon-empon. Mereka akan mempelajari ciri-ciri fisik, nama ilmiah, serta bagian dari tanaman yang digunakan dalam pengobatan.
  2. Memahami Manfaat Kesehatan: Peserta diberikan penjelasan mengenai manfaat kesehatan dari masing-masing empon-empon. Hal ini termasuk jenis-jenis penyakit atau kondisi yang dapat diatasi atau dikurangi dengan menggunakan tanaman ini.
  3. Cara Penggunaan: Peserta diajarkan tentang cara-cara mengolah empon-empon untuk keperluan pengobatan. Metode yang digunakan seperti merebus, menghaluskan, atau membuat ekstrak dari tanaman tersebut.
  4. Pengenalan Pohon atau Tanaman di Alam Terbuka: Anak –anak diajak memanen empon – empon di ladang, bersama kelompok masing –masing yang dipandu oleh Pengelola TIM Turi Putih
  5. Demonstrasi dan Praktik: Anak –anak belajar membuat praktik eskrim temu lawak dan minuman bunga telang. Disana anak –anak disuruh mencicipi tester dari olahan cookies temulawak. Dan diminta untuk memakan buah miracle yang bias menetralkan rasa asam pada buah lemon.

Demikianlah kegiatan implementasi Proyek P5 pada Kurikulum Merdeka di SMP Alam  Al Ghifari. Sampai Jumpa di kegiatan selanjutnya yah…

admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Posts